Ketentuan, Syarat, dan Langkah Perizinan Berusaha Melalui OSS

BANJARNEGARA – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI telah resmi meluncurkan Online Single Submission (OSS) pada tanggal 9 Juli 2018. Apa OSS itu? Perizinan Online Terpadu atau yang biasa dikenal dengan OSS merupakan suatu sistem untuk menerbitkan perizinan berusaha secara elektronik dan terintegrasi. Lembaga OSS menerbitkan izin usaha untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota.

Sebelum adanya OSS, pelaku usaha yang akan mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) harus datang ke kecamatan setempat.  Namun kini setelah adanya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018, penerbitan IUMK hanya dapat dilakukan melalui OSS.

IUMK berlaku sebagai izin lokasi usaha sesuai dengan ketentuan perundangan. Selain IUMK, izin apalagi yang bisa diperoleh pelaku usaha mikro/UKM/IKM? Adalah Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupakan identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha. NIB juga berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua izin tersebut berlaku selama pemilik usaha menjalankan kegiatan usaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu bagaimana jika pelaku usaha sudah memiliki IUMK yang diterbitkan oleh kecamatan? Haruskah membuatnya lagi melalui OSS? Ya, harus membuat lagi. Karena IUMK lama otomatis sudah tidak berlaku.

Perlu diketahui bersama bahwa yang dapat mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan IUMK melalui OSS adalah pelaku usaha mikro. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, kriteria Usaha Mikro adalah memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, serta memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300.000.000 (tiga ratus juta rupiah).

Apa saja syarat untuk mendapatkan kedua izin tersebut? Apakah sama seperti pengurusan di kecamatan yaitu ada pas foto dan surat keterangan usaha dari desa? 

Syarat pendaftaran IUMK dan NIB melalui OSS cukup dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilik usaha, alamat email, melakukan pendaftaran akun OSS, dan mengisi form Perizinan Mikro. Pengurusannya pun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja secara online. Untuk langkah-langkah pembuatan IUMK dan NIB melalui OSS dapat dilihat di sini.

Setelah mengikuti langkah-langkah seperti pada link di atas, Lembaga OSS akan menerbitkan perizinan berusaha dalam bentuk dokumen elektronik yang disertai dengan tanda tangan elektronik. Dokumen tersebut berlaku secara sah dan mengikat berdasarkan hukum, serta dapat dicetak (print out).

 

(SNW)

 

 

 

2 Thoughts to “Ketentuan, Syarat, dan Langkah Perizinan Berusaha Melalui OSS”

  1. Umi Fadilah

    Assalamu’alaykum,
    Bisakan saya dikirim blangko pengajuan ijin iumk lewat email?
    🙏🙏🙏

    1. Pengajuan IUMK sekarang via online, bisa datang ke dinas untuk dibantu fasilitasi dengan membawa KTP dan alamat email (jika sudah punya). Tks.

Leave a Comment