Pelatihan Pewarnaan dan Pemasaran Batik Sebagai Upaya Menjawab Keluhan

BANJARNEGARA – Batik sebagai warisan budaya Indonesia kita kenakan bukan hanya sebagai pelengkap sandang saja, namun juga menghargai sebuah karya seni sekaligus membantu peningkatan ekonomi pelaku industri. Seperti kebanyakan kabupaten yang ada di Jawa Tengah, Banjarnegara juga memiliki batik tulis. Tepatnya ada di Kecamatan Susukan yang dikenal dengan “Batik Gumelem”. Beberapa kurun waktu terakhir, terjadi penurunan penjualan Batik Gumelem. Mengapa demikian? Keluhan pembeli adalah warna Batik Gumelem yang cepat pudar. Selain itu,  pengrajin mengatakan sulitnya akses pasar untuk produk tersebut karena mereka masih mengandalkan penjualan di gerai (rumah) saja.

Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menyelenggarakan Pelatihan Pewarnaan dan Pemasaran Batik pada tanggal 18-20 Juni 2019. Bertempat di Balai Karya Desa Gumelem Wetan, kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang baik dari pengrajin maupun pengusaha batik se-Kecamatan Susukan.

Kegiatan Pengembangan dan Pelayanan Teknologi Industri ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas, Drs. Maryanto. Pemkab Banjarnegara berharap peserta dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menyerap ilmu dari narasumber Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB), Yogyakarta. Selain itu, setelah pelatihan diharapkan dapat terbentuk jaringan yang kuat antar peserta pelatihan.

“Kami berharap kedepannya terbentuk jaringan (link) yang solid baik antar peserta, maupun peserta dengan BBKB, dalam rangka kerjasama untuk produk Batik Gumelem,”ungkap Maryanto.

Perwakilan Kecamatan Susukan dan Desa Gumelem Wetan turut hadir pada kesempatan tersebut untuk memotivasi para peserta. “Mudah-mudahan ada perbedaan dan pengembangan dalam pewarnaan serta pemasaran, untuk peningkatan ekonomi,”ujar Sunardi, perwakilan Kepala Desa Gumelem Wetan.

 

(SNW)

One Thought to “Pelatihan Pewarnaan dan Pemasaran Batik Sebagai Upaya Menjawab Keluhan”

  1. […] dialami pengrajin Batik Gumelem yaitu warna batik yang cepat pudar dan semakin melemahnya pasar.  Pelatihan Pewarnaan dan Pemasaran Batik diselenggarakan di Balai Karya Gumelem Wetan, pada tanggal 18-20 Juni 2019. Dengan menggandeng […]

Leave a Comment