Syarat dan Prosedur Permohonan Surat Rekomendasi BBM

 

Banjarnegara – Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi merupakan bahan bakar yang mendapat subsidi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang peruntukannya diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mengendalikan penggunaan BBM oleh pelaku usaha mikro, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengeluarkan Peraturan Bupati  Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pengaturan Pembelian dan Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Minyak Bersubsidi.

Setiap usaha mikro yang membeli BBM bersubsidi wajib membawa surat rekomendasi dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Dalam hal ini, usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria memiliki kekayaan bersih Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Jenis BBM Bersubsidi yang direkomendasikan untuk usaha mikro adalah bensin (gasoline) RON 88 dan minyak solar (gas oil).

Berikut  berkas yang harus dipersiapkan apabila hendak membuat rekomendasi BBM.

Rekomendasi BBM (Baru)

  1. Surat pengantar dari desa yang diketahui oleh kecamatan
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Pas foto berwarna (4×6) sebanyak 2 lembar
  5. Foto usaha
  6. Fotokopi surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) 

Perpanjangan Rekomendasi BBM

  1. Surat pengantar dari desa yang diketahui oleh kecamatan
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
  5. Surat rekomendasi dan kartu kendali pembelian yang lama

Prosedur permohonan surat rekomendasi BBM sebagai berikut.

  1. Pemohon datang ke Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah melalui Bidang Perdagangan dan menyerahkan persyaratan yang telah ditentukan.
  2. Apabila persyaratan telah lengkap, surat rekomendasi langsung dibuatkan. Namun, jika persyaratan belum lengkap, dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.

Waktu pengurusan surat rekomendasi BBM hanya satu hari kerja dan tidak dikenakan biaya. Pembelian BBM bersubsidi dibatasi 60 liter per tiga hari. Surat rekomendasi berlaku selama tiga bulan dan dapat diperpanjang oleh pelaku usaha mikro.

 

(YS)

Leave a Comment