UPT METROLOGI ADAKAN SIDANG TERA/TERA ULANG TERHADAP SELURUH UTTP DIWILAYAH KABUPATEN BANJARNEGARA

BANJARNEGARA. Dasar Uu no 2 tahun 1981 tentang metrologi legal dan Permendag no 67 tahun 2018 tentang UTTP yang wajib ditera dan ditera ulang, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM Kabupaten Banjarnegara melalui UPT Metrologi Kabupaten Banjarnegara kembali melakukan sidang tera/tera ulang tahun 2021 terhadap semua alat ukur, taka, timbang dan perlengkapanya (UTTP) diwilayah Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan tera Ulang tahun 2021 ini dijadwalkan mulai dilaksanakan tanggal 3 sd 4 Juni 2021 diwilayah Pagentan bertempat di pasar Pagentan, Wilayah Batur tanggal 7 sd 10 bertempat di pasar Batur, Wilayah Jatilawang tanggal 11 Juni bertempat di pasar Jatilawang, wilayah Kalibening tanggal 15 Sampai dengan 18 Juni bertempat di Balai desa Kalibening dan wilayah Karangkobar tanggal 21 sd 24 Juni bertempat di pasar Karangkobar.

Kepala Disperidagkop UKM Kab. Banjarnegara melalui sekertaris dinas mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya jujur dan tertib ukur bagi para pedagang pasar tradisional dan masyarakat pemlik UTTP dalam hal mengukur, menimbang, menakar pada kegiatan jual beli.

Kegiatan ini diharapkan dapat sebagai nilai tambah dalam mendukung penguatan ekonomi masyarakat, serta meningkatakan citra dan daya saing pasar tradisional khususnya dari segi kebenaran pengukuran dalam bertransaksi yang selanjutnya dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pasar tradisional.

Masyarkat dan pedagang pemilik tera sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dan berharap mereka selalu tertib ukur. Dalam sambutannya sekertaris dinas Aji Piluroso, S.STP berpesan agar menjadi pedagang harus Jujur karena dengan kejujuran semua akan menjadi berkah, seperti dikutip QS. Al -Muthaffifin 1-6 yang artinya “Kecelakaan besar bagi orang yang curang, yaitu orang yang menerima takaran, harus dipenuhi dan apabila mereka menakar mereka akan mengurangi. Tidakkah orang-orang yakin mereka akan dibangkitkan pada hari yang besar yaitu hari saat manusia menghadap Rabb semesta alam”.

Leave a Comment