DISPERINDAGKOP UKM KAB.BANJARNEGARA MENGADAKAN PELATIHAN KAIN PERCA

 BANJARNEGARA. Siapa yang tak kenal desa Gumelem, bagi pecinta batik dibanjarnegara daerah ini tidaklah asing ditelinga, desa diujung barat kota yang terletak kurang lebih 40 km dari kota Kabupaten Banjarnegara.
Terdapat banyak Sentra-sentra Batik bertebaran menegaskan desa Gumelem desa Batik, namun disisi lain dari gempitanya pembuatan batik kali ini ada Sesuatu yang menarik perhatian kita semua, dimana disana sekarang ada aktifitas pemanfaatan kain perca yang berasal bekas potongan pakaian kain batik.
Pemanfaatan kain perca bermotif batik memang banyak terdapat didaerah ini dan Kain-kain yang awalnya dibuang menjadi sampah, kini sedang diupayakan menjadi sebuah produk yang punya nilai jual dan mendukung perekonomian masyarakat.
Bertempat digriya batik Kuswanto salah satu pengrajin batik didesa Susukan, pelatihan ini mendatangkan seorang ahli Kerajinan Kain perca bernama Benny Triono seorang pengrajin sekaligus pemilik BenS Percaku dari daerah Sentolo Yogyakarta, diharapkan beliau bisa mentransfer ilmunya secara langsung kepada para peserta yang kebanyakan ibu-ibu dari desa Gumelem Kecamatan Susukan.
Pelatihan Kain Perca ini berlangsung dari tangal 9 Nopember sampai dengan 11 Nopember 2021.
Sebuah apresiasi atas kerja teman-teman bidang Perindustrian Disperindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara dalam upaya mencari solusi ditengah kemrosotan ekonomi pasca pandemi dg menciptakan babak baru didunia industri rumahan.
Sentuhan tangan-tangan kreatif dengan memunculkan ide-ide brilian ditengah kondisi perekonomian yang belum sepenuhnya mapan adalah kontribusi positif yang membahagiakan.
Dari bermacam Potongan kain perca Motif batik khas gumelem dan daerah lain disatukan dalam satu pola untuk disulap menjadi Berbagai produk seperti daster, sarung bantal, taplak meja, tas dan lain-lain yang tentunya sayang untuk dilewatkan.
Sukses terus Disperindagkop UKM semoga selalu bermanfaat untuk masyarakat Banjarnegara seloroh salah satu peserta disela-sela kesibukannya menjahit pola kain perca. (at)

Leave a Comment