Kunjungan ke Pelaku UKM Binaan Ecoprint

Banjarnegara,  23 Maret 2022.  ELVANA adalah brand dari ecoprint yang di produksi oleh Ibu SEVNI MARVIANA asal Desa Badakarya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara yang merupakan salah satu alumni Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah pada pelatihan AMT di tahun 2020. Elvana merupakan salah satu binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara.

Pada kesempatan kali ini Tim dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari Ibu Sri Wijayanti N., SE selaku Sub Koordinator Usaha Kecil dan Menengah (UKM) didampingi Ibu Nurhandini I., SE selaku Penyuluh Perindag Kabupaten Banjarnegara, Bapak Eriyanto, A.Md selaku Pendamping KUKM, Ibu Yuliasih, A.Md dan Ibu Wahyu Lestari melakukan kunjungan pembinaan ke pelaku UKM ecoprint di Desa Badakarya, yaitu ELVANA Ecoprint. Elvana Ecoprint sudah menghasilkan banyak sekali produk batik ecoprint. Produk batik ELVANA ecoprint tidak hanya berupa kain batik ecoprint saja, namun juga berupa hasil olahan kain batik ecoprint yang dipadukan dengan bahan-bahan lainnya menjadi barang yang lebih tinggi nilai jualnya seperti sepatu batik ecoprint, tas, dompet, tote bag, dan berbagai model baju batik ecoprint.

Ecoprint adalah teknik memberikan warna dan motif pada kain dengan menggunakan bahan alami, berupa tumbuhan baik itu daun maupun bunga.  Melihat potensi alam di Desa Badakarya Ibu Sevni  memiliki ide kreatif untuk memanfaatkan potensi tersebut yaitu dengan membuat  batik ecoprint. 

Selain ketersediaan bahan alami yang ada, ecoprint juga digandrungi banyak kalangan karena menjadi salah satu trendsetter dunia fashion Saat ini. Ibu Sevni telah memasarkan produknya secara online melalui IG @sevnimarviana maupun offline. Beliau juga gencar mempromosikan hasil karyanya dengan mengikuti berbagai pameran baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Leave a Comment