KURASI PRODUK-PRODUK UKM KABUPATEN BANJARNEGARA UNTUK KERJASAMA DENGAN PIHAK ASING

Banjarnegara, 6 Juni 2022. Beberapa produk unggulan Kabupaten Banjarnegara mengikuti kegiatan Kurasi Produk Pasar USA, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas jaringan pasar dalam maupun luar negeri. Dengan adanya kegiatan Kurasi Produk Unggulan UKM ini, harapan para pelaku usaha di Banjarnegara mampu bersaing di pasar internasional dengan kualitas produk yang tidak diragukan lagi. Kegiatan ini diikuti oleh 34 pelaku UKM di Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari pelaku usaha olahan makanan ringan, kerajinan bambu, kerajinan kayu, olahan batu alam, craft, batik, dan lain sebagainya. Produk-produk UKM yang lolos kurasi ini rencananya akan dipasarkan di pasaran USA (United States of America).

Kegiatan Kurasi Produk Unggulan Kabupaten Banjarnegara ini mendapatkan sambutan yang meriah dari para pelaku UKM di Kabupaten Banjarnegara. Untuk menindaklanjuti kegiatan Kurasi Produk Unggulan Kabupaten Banjarnegara, tim kurator didampingi tim dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara melakukan kunjungan langsung ke tempat para pelaku UKM untuk melihat langsung tempat produksi dan proses produksi, serta hasil produknya. Beberapa kriteria penilaian diambil dari tempat produksi, bahan-bahan yang digunakan, proses produksi, dan kualitas hasil produksinya.

Salah satu pelaku UKM yang mendapat kunjungan dari tim kurator adalah pelaku UKM keramik Usaha Karya yang dipimpin oleh Ibu Yanti. Di tempat Ibu Yanti, tim melakukan pengamatan secara langsung mengenai proses pembuatan dan produk-produk yang dihasilkan disana. Ibu Yanti adalah salah satu contoh pelaku UKM Kabupaten Banjarnegara pemilik UKM Usaha karya yang bergerak di bidang keramik yang lolos kurasi. Beberapa hasil produksi yang lolos kurasi dari tempat usaha Ibu Yanti antara lain cangkir mini dari keramik, pot bunga dan juga miniatur lainnya.

Leave a Comment