KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN RI GELAR BINTEK PRODUKSI IKM BAHAN BANGUNAN UNTUK KUB BATA MERAH DESA PANGGISARI

  

Direktorat IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menggelar Bimbingan teknis produksi IKM bahan bangunan di Desa Panggisari Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara, selama 5 hari mulai tanggal 31 Oktober 2022 sampai dengan 4 Nopember 2022.

Tri Harsono selaku Plt. Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan menyampaikan kata sambutannya pada acara pembukaan di Hotel surya Yudha Park, Banjarnegara ( 31/10 ) Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan daya saing IKM bahan bangunan di sentra Jawa tengah, khususnya di Banjarnegara.

“ Diperlukan pengembangan fasilitas yang ada di sentra industri bata merah untuk dapat menunjang pemenuhan waktu produksi. Selain proses produksi yang masih manual, masih banyak pelaku industri memerlukan informasi terbaru untuk dapat melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan produksi mereka” ujar Tri Harsono.

Sementara itu Drs. Adi Cahyono Purwo Saputro, M.M, kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara disela-sela sambutannya memberikan motivasi kepada IKM bata merah agar Bintek ini sebagai ancang-ancang untuk melakukan lompatan yang lebih jauh dalam rangka peningkatan usahanya ke arah yang lebih baik.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan penyerahan bantuan mesin bata press 3 unit dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia kepada KUB Bata Merah Panggisari.

Tempat pelaksanaan Bintek di Hotel Surya Yudha Banjarnegara dan workshop IKM yang terletak di Desa Panggisari, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara. Bimbingan teknis ini terdiri atas materi dan praktek yang bertujuan untuk mengetahui tata cara menggunakan mesin bata press dan cara perawatan mesin, serta materi tentang produksi genteng. Kegiatan ini diikuti oleh total 15 peserta dan dilaksanakan selama 5 hari dari 31 Oktober – 4 November 2022.

Leave a Comment