LAUNCHING SIP RAI UMI KEMBAR DAN GELAR PRODUK UMKM

Banjarnegara (17/11-2022). Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan Gelar Produk UMKM dan Launching SIP RAI UMI KEMBAR (Sistem Informasi Pelayanan Gerai Usaha Mikro Kecil dan Menengah Banjarnegara) sebagai bagian dari Aksi Perubahan oleh Bapak Abdul Jalil, SE. Acara Gelar Produk UMKM ini dilaksanakan selama dua (1) satu hari yakni pada tanggal 17 November 2022 yang bertempat di halaman kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara di Jalan Selamanik No.04 Banjarnegara. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara Bapak Drs. Adi Cahyono Purwo Saputro, MM. Acara ini juga dimeriahkan dengan Sambutan Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara yang dibacakan oleh Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Bapak Dedi Restioko, ST. Dalam kesempatan ini hadir juga Ketua Dekranasda Kabupaten Banjarnegara Ibu Tri Harso Widirahmanto.

Acara Gelar Produk UMKM dimeriahkan oleh 7 (tujuh) kelompok IKM yang semuanya merupakan persatuan para pelaku UMKM yang mempunyai produk yang berbeda-beda yang ada di daerah Kabupaten Banjarnegara. Acara ini diadakan dengan harapan untuk memperkenalkan produk-produk UKM dan IKM di Kabupaten Banjarnegara, sehingga masyarakat semakin mengenal produk-produk buatan lokal IKM dan UKM Banjarnegara. Barang-barang yang ditampilkan pada acara Gelar Produk UMKM ini diantaranya ada aneka keripik, keripik salak, keripik kentang, keripik pare, keripik pegagan, keripik bayam, keripik salak, keripik nangka, dan sebagainya. Ada pula hasil kerajinan sapu lidi, kerajinan bambu, batik ecoprint dan hasil-hasilnya seperti topi batik ecoprint, tas, baju, name tag, sepatu batik, ikat kepala batik, yang harganya bervariasi mulai dari Rp 100.000,-. Ada pula hasil olahan kopi asli Banjarnegara, mendoan raksasa, aneka tepung olahan, seperti tepung bumbu mendoan, tepung mocaf, carica, manisan kolang-kaling, olahan kacang sperti kacang koro, kacang bawang, dan lain sebagainya. Disamping itu juga terdapat hasil olahan makanan ringan seperti eggroll, olahan ubi, berbagai hasil olahan singkong, talas, dan lain sebagainya.

Puncak acara Launching SIP RAI UMI KEMBAR (Sistem Informasi Pelayanan Gerai Usaha Mikro Kecil dan Menengah Banjarnegara) ditandai dengan dilepaskannya balon SIP RAI UMI KEMBAR oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Banjarnegara Ibu Tri Harso Widirahmanto. Dengan adanya acara launching ini, diharapkan masyarakat akan terbantu khususnya dalam mencari informasi yang berkaitan dengan kegiatan ataupun hal-hal penting mengenai Usaha Kecil dan Menengah. Harapan ke depannya adalah agar para pelaku IKM dan UKM di Kabupaten Banjarnegara dapat lebih maju, berdaya saing dan dapat memasarkan produk-produknya di pasaran yang lebih luas.

Leave a Comment