DISPERINDAGKOP UKM KABUPATEN BANJARNEGARA MENGADAKAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PERKOPERASIAN

Dalam rangka meningkatkan kemampuan kelembagaan perkoperasian, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan pendidikan dan latihan perkoperasian yang diselenggarakan pada tanggal 4-6 Mei 2023 selama 3 hari di Hotel Surya Yudha Banjarnegara. Diklat diikuti oleh 30 perwakilan dari 30 koperasi yang wilayah keanggotaannya dalam Kabupaten Banjarnegara.
Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2023 pukul 09.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Banjarnegara Drs. Adi Cahyono Purwo Saputro M.M. Harapannya peserta pelatihan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat hari ini untuk diterapkan dikoperasi masing-masing.

Kegiatan Pendidikan dan Latihan Perkoperasian ini berasal dari Anggaran DAK Non Fisik PK2UMK Tahun 2023, adapun Narasumber pada Kegiatan Pelatihan ini dari Lembaga Diklat Profesi (LDP) Amanah Hasah Kabupaten Sukoharjo, yaitu Ibu Fajar Rohyani dan Ibu Mei. Materi yang disampaikan saat pelatihan adalah KebijakanAnggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), SOP (Standar Operasional Prosedur), dan SOM (Standar Operasional Manajemen).
Disela-sela pelatihan, Kabid Koperasi UKM Budi Wahyono S.E yang turut mendampingi Kadinas berpesan agar peserta dapat mengikuti pelatihan selama 3 hari sehingga apa yang disampaikan nara sumber pada saatnya dapat diterapkan di masing-masing koperasi dan sebagai tindaklanjut dari pelatihan ini maka pada awal bulan Juli 2023 para peserta pelatihan untuk menyampaikan progres dalam menyusun SOP maupun SOM dari masing-masing koperasi. Selain itu peserta pelatihan juga untuk melengkapi 16 buku yang harus dimiliki koperasi dan pada saatnya 30 koperasi yang ikut pelatihan akan diundang untuk dilakukan evaluasi untuk mengetahui kelembagaan sebelum ikut pelatihan dan setelah ikut pelatihan.

 

 

.@T

Leave a Comment