DPD LDII Kabupaten Banjarnegara mengadakan Workshop Peningkatan Ekonomi Berbasis Usaha Online

Minggu, 20 November 2023 Disperindagkop UKM Banjarnegara menghadiri undangan Workshop Peningkatan Ekonomi Berbasis Usaha Online yang diselenggarakan oleh DPD LDII Kabupaten banjarnegara, yang bertempat di Aula Sekretariat DPD LDII Sokanandi, Kabupaten Banjarnegara. Dalam sambutanya Kepala Disperindagkop UKM yang dibacakan oleh Ibu Nurhandini Isneiningsih, S.E menyampaikan pentingnya generasi muda memanfaatkan alat komunikasi digital untuk hal-hal yang bermanfaat yang menghasilkan uang dan pentingnya anak muda ikut pelatihan-pelatihan bisnis agar bisa mendorong minat anak muda berbisnis di era digital seperti sekarang ini Hadir dalam pertemuan tersebut Perwakilan dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bapak Erwan Adi Prayitno, S.STP yang menyampaikan kita sebagai penerus bangsa harus melestarikan budaya bangsa dan tidak boleh melupakan apa saja yang menjadi budaya bangsa kita. Kegiatan Workshop ini dihadiri anak-anak muda PDP LDII Banjarnegara yang berjumah 150 orang,

    .     Dalam kegiatan tersebut hadir  Pemiik Usaha Dera Craft  ibu Dwi Retno dari Parakancanggah, Banjarnegara yang merupakan seorang penyandang disabillitas. Yang Ikut memberikan pembekalan pada sesi pertama workshop, dalam keterbatasan fisik  tidak menyurutkan tekadnya untuk berbisnis membuat kerjinan dari kain flanel dan memasarkannya via online. Hasil penjualan kerajinannya sudah menjangkau ke seluruh Indonesia bahkan sampai merambah ke luar negeri menggunakan shopee Ekspor yaitu ke Negara Filipina dan Malaysia. Dan juga menyampaikan pengalaman pribadinya sebagai seorang penyandang disabiltas yang dibesarkan dari keluarga kurang mampu, ayahnya bekerja sebagi tukang becak. Maka bagaimana cara dirinya, agar seorang penyandang disabilitas tidak hanya merepotkan orang tua tetapi bagaimana agar bisa menghasilkan uang sendiri dan membantu  orang tuanya.

               Dalam Sesi kedua tak kalah menarik Workshop ini juga menghadirkan  Founder GUTELA, Bumbu Anduang, Yogurt stick dan Mocaf sdr. Hamzah Fahmi. Yang dalam materinya menyampaikan mengelola suatu usaha membutuhkan proses baik Perencanaan, penentuan tujuan hingga menentukan strategi dididalamnya. Khusus anak-anak muda berbisnis di era digital lebih diarahkan ke bagian pemasaran. Karena kalau dari produksi sampai pemasaran dilakukan sendiri akan kurang efisien atau kurang berjalan. Dan juga untuk media yang digunakan untuk pemasaran, disarankan jangan terlalu banyak menggunakai jenis e commerce, focus hanya ke satu atau dua e commerce agar focus dan maksimal dalam penjualan via online.

              Harapan kami semoga UKM dikabupaten Banjarnegara dan anak-nak mudanya selalu tampil digarda terdepan sebagai pelaku UKM yang selalu menghidupkan inovasi-inovasi baru dan menjadikan UKM naik kelas dan semakin maju usahanya dan selalu  jaya didarat, laut dan udara.

 @indagkop

Leave a Comment