FGD LEMBAGA INKUBATOR

Banjarnegara – Pengembangan Sektor Usaha Mikro Kecil d an Menengah tentu tak lepas dari sarana dan prasarana pendukungnya, salah satunya keberadaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM. Kini konsep pembangunan sarana pemberdayaan sudah ber-evolusi tidak sekedar layanan namun sudah menjadi sebuah wadah/sarana kreatif yang sering disebut dengan creative hub. Sarana ini mengakomodir sinergi pentahelix berbagai komponen stakeholder, mulai dari pemerintah, pelaku usaha/masyarakat, swasta, lembaga pendidikan dan media. Sinergi ini sebagai upaya efisiensi langkah pemberdayaan dengan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki pemkab.

Bertempat di Aula Pangripta Mukti Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara, pada hari Kamis 7 Desember 2023, dilaksanakan FGD Lembaga Inkubator. FGD dilaksanakan sebagai wujud sinergitas program dan kegiatan di Baperlitbang dan Dinas Peribdagkop UKM. Pada kesempatan tersebut materi disampaikan oleh nara sumber dari TP-PK2UMK Balatkopukm Provinsi Jateng dan manajer Lembaga Inkubator Banjarnegara Creatif Hub.
Hadir pada acara ini
1. Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan keuangan;
2. OPD terkait

3. Perwakilan Dekranasda;
4. Perwakilan BAZNAS
5. Perwakilan KADIN;

6. Perwakilan HIPMI;
7. Koordinator PFPP Dispwrindagkop UKM
8. Ketua Yayasan Cahaya Hati;
9. Ketua APIK;

10. Perwakilan dari Perguruan Tinggi yang ada di Banjarnegara. Sisw

11. Perwakilan dari Perbankkan yang ada di Banjarnegara.

12. Pimpinan PT PNM Banjarnegara;
13. Pimpinan PT Pos Indonesia;

14. Ketua Koperasi Nira Kamukten;

15. Direksi PT Tumata Agro Nusantara

16. Pemuda Pelopor Pembangunan terbaik nasional tahun 2023 (Sdr. Fajar Teguh Santosa)

17. Rangking 4 Entrepreneur development tingkat nasional tahun 2023 ( Sdr. Supriyanti)
18. Sdr. Supriyanto (Produsen Mocaf Gumiwang);
19. Pendamping UMKM Disperindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara;
20. Sdr. Winda Muhni Lestari (Produsen Cemilan Kaliajir);
21. Sdr. Budi Trisnoaji, (Bank Sampah Banjarnegara)

Pembangunan PLUT Banjarnegara yang berlokasi di depan Hotel Fox Haris Kalibenda yang rencana akan dibangun pada tahun 2024, diharapkan akan menjadi rumah bagi para pelaku ekonomi di Kabupaten Banjarnegara. Keberadaan gedung PLUT diharapkan juga akan menjadi rumah kolaborasi program kegiatan pemberdayaan ekonomi yang dilaksanakan oleh OPD, lembaga pemerintah lainnya, lembaga pwndidikan, BUMN, BUMD, swasta serta masyarakat.

Dalam rangka memperkuat keberadaan gedung PLUT untuk lebih memberdayakan UMKM di Banjarnegara, pada saatnya gedung PLUT juga akan menjadi base camp Lembaga Inkubator Banjarnegara Creatif Hub. Apabila gedung PLUT dengan segala sarananya berperan dalam menyediakan fasilitas, alat serta sarana yang dibutuhkan untuk memberdayakan KUMKM dan kegiatan ekonomi lainnya, maka Lembaga Inkubator Banjarnegara Creatif Hub lebih berperan pada upaya untuk membimbing dan memfasilitasi pelaku ekonomi yang potensial agar pada saatnya bisa mandiri baik dalam hal produksi, permodalan, manajemen maupun pemasaran.

    Leave a Comment