KAJI BANDING DINAS KOPERASI DAN TENAGA KERJA BESERTA PELAKU UKM MOCAF KABUPATEN LAMPUNG TIMUR DI KABUPATEN BANJARNEGARA

BANJARNEGARA. Rabu 13 Desember 2023 Pj. Bupati Kabupaten Banjarnegara Tri Harso Widirahmano, SH dengan didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan serta Kepala Disperindagkop UKM kabupaten Banjarnegara Bapak Drs. Adi Cahyono Purwo Saputro.MM menerima kunjungan Kerja Wakil Bupati Lampung Timur dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Timur di rumah dinas Bupati Banjarnegara. Kunjungna Kerja dalam rangka Kaji Banding dirumah Mocaf Indonesia ini sedianya akan dilaksanakan dari tgl 13 sd 15 Desember 2023. Rombongan berjumlah 15 orang, yang terdiri dari Wakil Bupati Lampung Timur, Kepala Dinas Kopukmnaker, beserta staf UKM dan 7 orang pelaku UMKM. Agenda di Banjarnegara yaitu mengunjungi pabrik mocaf, rumah mocaf, 4 pelaku UMKM yg membuat produk makanan turunan mocaf serta perajin eco print.

Dari hasil diskusi, dengan Pj Bupati, kepala OPD, pemilik pabrik mocaf serta para pelaku UMKM, wakil Bupati Lampung Timur merasa bahwa apa yang sudah dilakukan di Banjarnegara dalam memanfaatkan singkong diolah menjadi mocaf dan makanan berbahan baku mocaf, lebih maju dari pada apa yang sudah dilakukan di Lampung Timur. Padahal dengan produksi singkong per tahun, lebih dari 1.000.000 ton dan harga singkong yang sangat murah, apa yang dilakukan di Lampung Timur belum sebaik apa yang telah dilakukan di Banjarnegara. Singkong di Lampung Timur saat ini, pada umumnya diolah menjadi tepung tapioka.
Pada akhir sambutannya, Wakil Bupati Lampung Timur berharap apa yang sudah diperoleh selama di Banjarnegara pada saatnya bisa diterapkan di Lampung Timur. Studi tiru di Banjarnegara di akhiri dengan tukar menukar cindera mata antara Wakil Bupati Lampung Timur dan Pj. Bupati Banjarnegara.

Leave a Comment