Capacity Building kelompok Cahaya Hati & Klara

Kondisi pasar hari ini lagi tidak baik-baik saja, Banyak produsen dan pelaku ekonomi yang terkena dampak langsung dari gejolak ekonomi yang sedang melanda. Ada berbagai faktor yang membuat perubahan pasar yang bergejolak saat ini. Salah satunya adalah peranan pasar bebas bersama digitialisai yang telah menglobal. Para Pelaku pasar yang belum siap menghadapi skema perubahan pasar, mau tidak mau harus mengakui kekalahannya.

Sebagai salah satu pelaku Usaha, sudah saatnya kita beradaptasi dengan sistem pasar terkini. Cahaya Hati merupakan asosiasi pelaku usaha dari Banjarnegara yang terbentuk karena sadar akan pentingnya persatuan. Pelaku usaha modal kecil akan selalu kalah dengan para pelaku usaha modal besar. Harapannya dengan membentuk organisasi atau asosiasi kumpulan para pelaku usaha kecil dapat menjadi salah satu solusi menghadapi skema perubahan pasar terkini.

Beradaptasi dengan perubahan pasar terkini harus didukung dengan skill ataupun kemampuan para pelaku usaha itu sendiri. Kita tidak bisa melawan perubahan itu sendirian, kita harus bersatu bersama-sama untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai pelaku usaha.

Karena sadar akan pentingnya peningkatan kapasitas diri, pada hari Rabu tanggal 11 Januari 2024, Cahaya Hati yang di dampingi langsung oleh Dinas Indakop Banjarnegara, telah melakukan kegiatan pembelajaran ke Kota Solo untuk belajar langsung ke tempat-tempat yang mau membagikan ilmunya kepada kita.

Tujuan peningkatan Kapasitas para Anggota Cahaya Hati dan rombongan kali ini ada dua tempat, yang pertama adalah Rumah Produksi Makanan Ampyang Jawa di Karang Anyar dan yang yang kedua adalah Kampus Shopee di Kota Solo.

Di Rumah Produksi Ampyang Jawa, kita langsung disambut baik dan ramah oleh ownernya yang bernama Mas Danan, beliau adalah seorang pengusaha Muda yang berdomisili di Karang Anyar, dari Mas Danan rombongan mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga dan kisah-kisah inspiratif yang mampu memotivasi kita agar selalu terus berjuang dan pantang menyerah, Produk Ampyang Jawa ini sendiri sudah memiliki pasar yang luas, meskipun produk makanan tradisional tapi strategi pasarnya sudah menggunakan cara kekinian, salah satu strategi pasar luasnya di dapat dari memaksimalkan sosial media dan ecommerce yang tersedia di platform digital.

Sehingga makanan Resep keluarga turun temurun ini bisa dikenal dan membawa keuntungan yang menjanjikan. Rombongan Sangat terkesan dan berterima Kasih atas sambutan yang hangat, semoga kita dikasih kesempatan bertemu dan belajar bersama kembali, sehat selalu Mas Danan dan Keluarga semoga selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Tujuan Rombongan Selanjutnya adalah ke Kampus Shopee, alasan Kampus Shopee menjadi salah satu tujuan Rombongan karena kita semua paham bahwa pergerakan Pasar terkini harus dapat memaksimalkan platform digital, Shopee salah platform digital yang bergerak di bidang Ecommerce (Tempat Jualan Online) terbesar yang ada di Internet. Sebagai Pelaku usaha, memaksimalkan Ecommerce merupakan salah satu strategi agar produk yang dibuat dapat terjual dan dikenal semua orang dengan baik.

Sesampainya kita Di Kampus Shopee, kita disambut baik dan ramah oleh pegawainya. Rombongan diberikan Kesempatan mendapatkan materi terkait dengan penggunakan Aplikasi Shopee, kita diberikan penjelasan singkat dari mulai cara membuat akun sampai bagaimana memaksimalkan secara lanjut. Meskipun sebenarnya waktu yang singkat itu tidaklah cukup untuk memahami keseluruhan cara kerja maksimal dari Aplikasi Shopee. Tapi kita bersyukur dari pihak shopee menjanjikan akan terus memberikan pendampingan secara maksimal, hal ini bisa di buktikan dengan dibuatkannya kita Grup WA khusus untuk bertanya dan diskusi secara tuntas tentang memaksimalkan Aplikasi Shopee.

Dari Perjalanan ini Rombongan mendapatkan banyak bekal ilmu, baik itu dari Rumah Ampyang Jawa maupun dari Kampus Shopee. Bekal ilmu yang di dapat ini semoga bisa menjadi bekal untuk menghadapi gejolak pasar yang lagi melanda. Perjalanan meninggkatkan Kapasitas diri kali ini membawa kesan dan pengalaman berharga. Salam UMKM naik Kelas !!!

Leave a Comment